oktarinaf08's blog
mencari dan memberi yang terbaik

Sekilas Tentang Lili Laut

June 18th 2010 in Warna-warni Laut

Lili laut termasuk echinodermata (echinus = landak, derma = kulit). Dinamakan lili laut karena mirip bunga lili. Berwarna-warni indah pada laut tropik, krem pada laut dingin. Bintang bulu berenang bebas di daerah litoral (Antedon). Lili laut bertangkai ada di laut dalam. Ada yang menempel pada tangkai, ada yang berenang bebas. Saat larva simetri bilateral, saat dewasa simetri radial. Fertilisasi eksternal, nokturnal, dan hidup berkoloni.

Taksonomi Lili Laut

Kingdom   : Animalia

Filum          : Echinodermata

Kelas           : Crinoidea

Ordo            : Comatulida

Famili         : Comasteridae

Genus         : Comaster

Spesies       : Comaster multifidus

Ciri fisik :  Makroskopis, tak berkepala, tak berduri, memiliki bentuk seperti nenek moyangnya, yaitu oral ke atas. Tubuh terdiri dari calyx (mangkuk kecil pelat kapur) & 5 buah tangan (panjang & lentur).  Rangka tubuh dari kalsium karbonat. Tangan bercabang 2 pada pangkal hingga seperti mempunyai 10 tangan. Pada tangan terdapat barisan cabang-cabang kecil untuk menangkap makanan (pinula). Ada tangkai panjang yang berguna untuk menempelkan crinoidea ini pada bebatuan. Ada celah ambulakral bersilia di oral lengan dan pinula. Ada ciri yang ada memanjang di ujung tangkai atau dibawah oral, berguna dalam melekatkan tubuh.  Rangka kapur sebagai rangka internal untuk perlindungan dan penegak.  Sistem saraf jala. Pernapasan dengan insang kulit.

Sifat Hidup : Pergerakan air masuk ke pori, saluran batu, saluran cincin yang dikelilingi otot melingkar. Maka masuknya air akan menyebabkan kontraksi otot untuk menggerakkan kaki.

Proses Makan : Makan dengan menyaring air, plankton masuk ke celah ambulakral bersilia yang ada di lengan dan pinula, lalu dialirkan ke mulut. Organ pencernaan ada di calyx. Makanan dibuang melalui anus yang di dekat mulut.

Reproduksi : Gonad ada ada di pangkal pinula tangan. Pembuahan di air laut. Telur dilekatkan pada pinula. Menetas jadi larva vitellaria yang tidak makan, berenang bebas. Selanjutnya turun dan melekat di substrat dan bermetamorfosis jadi larva bertangkai kecil (larva pentacrinoid) – 6 minggu. Beberapa bulan kemudian, cirri terbentuk, mahkota melepaskan diri dari tangkai dan hidup bebas.


3 comments to...
“Sekilas Tentang Lili Laut”
Avatar
henry

ok rin,tambahan buat literatur mata kuliah avetebrata air. sehingga memudahkan untuk mahasiswa untuk mancari biota tersebut.terima kasih oktarina


Avatar
hildar08

pengolahannya dalam bentuk apa aja?ada yang sudah diekspor belum??


Avatar
kurniawati08

persebaran lili laut di indonesia palingbanyak di daerah apa?..
dan bagaimana dengan pemanfaatan udah optimal belum dan kandungan gizinya?…




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Siapa yang sangka ikan yang bentuknya aneh ini dapat diolah menjadi produk yang bergizi. Selain dikonsumsi untuk teman makan nasi, ikan lele dapat disajikan dalam berbagai masakan, antara lain abon lele dan kripik kulit lele yang renyah mirip kerupuk, membuat rasanya semakin dahsyat.

KERIPIK KULIT LELE

Produk olahan yang cocok untuk dikonsumsi oleh rumah tangga, rumah […]

Previous Entry

IPB

IPB Badge

IPB Badge